Wednesday, 30 October 2019

Virtual Office: Pengertian, Biaya, dan Keuntungan

Virtual Office

Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, negara-negara di dunia seolah sedang berkompetisi mengembangkan inovasi dan teknologi mereka di bidang bisnis. Salah satu yang kini menjadi tren dunia adalah maraknya bisnis startup.

Startup atau perusahaan rintisan di Indonesia sendiri semakin hari semakin berkembang pesat. Didukung pembinaan yang secara konsisten dilakukan oleh pemerintah sejak tahun 2015, saat ini jumlah startup di Indonesia telah mencapai 1.307 startup. Tidak hanya berhasil di pasar lokal, sejumlah startup pun telah sukses menembus pasar ekspor Gojek misalnya yang kini sudah menjelma menjadi decacorn-nya Indonesia.

Demi membangun sebuah startup, para pelaku startup tidak hanya membutuhkan kreatifitas (ide usaha) dan ketekunan saja tetapi juga modal (uang). Biaya ini digunakan untuk menunjang kebutuhan produksi dan operasional bisnis seperti sewa kantor, gaji karyawan, tagihan listrik, air dan telepon, sampai biaya legal serta pajak.

Kantor Virtual Sebagai Solusi


Memiliki kantor adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis startup, karena tidak hanya dijadikan sebagai tempat usaha tetapi juga untuk menjamin profesionalitas serta membangun branding bisnis startup yang dijalankan.

Namun sayangnya, para pelaku startup, terutama yang menggunakan modal dari simpanan pribadinya sendiri seringkali terhambat biaya sewa kantor yang sangat besar. Harga sewa kantor saat ini bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta per tahunnya. Hal ini membuat tak sedikit pelaku startup beralih memilih menyewa Virtual Office (kantor virtual/non-fisik) daripada harus menyewa kantor fisik.

Pengertian Firtual Office

virtual office adalah

Virtual Office adalah bentuk lain dari kantor atau ruangan kerja non fisik yang digunakan untuk menyelesaikan semua masalah pekerjaan seperti urus legal bisnis dan juga fasilitas office lainnya. Secara sederhana ini adalah sebuah aplikasi terkait sebuah layanan perkantoran yang digunakan untuk bekerja secara online.

Terkait format virtual office, ada tiga jenis yang selama ini digunakan masyarakat yakni:
  • aplikasi perkantoran (pengolah kata, tabel dan slide presentasi),
  • aplikasi komunikasi (e-mail,  messaging, fax, voice-mail, telepon, address book) dan
  • aplikasi kolaborasi (manajemen proyek, kalender elektronik, forum diskusi, konferensi dll).

Fasilitas dan Biaya

Kegiatan fungsional dan operasional perkantoran baik pemilik bisnis maupun karyawannya dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor atau dapat dilakukan dimana saja secara online menggunakan teknologi komputer seperti PC, laptop maupun handphone, dengan akses internet.

Saat ini layanan yang diberikan Virtual Office hampir menyerupai layanan kantor konvensional. Tidak terbatas pada layanan resepsionis atau asisten kantor virtual saja, tetapi juga menyediakan layanan pengurusan legalitas terkait usaha serta ruang kantor nyata yang dapat digunakan sebagai alamat domisili/surat menyurat, tempat rapat maupun pertemuan lengkap dengan segala fasilitas seperti alat komunikasi, alat kantor, lobi, dan dapur.

Segala jenis usaha kecuali usaha yang bergerak di bidang konstruksi, pariwisata, properti, e-commerce, transportasi dan event organizer dapat menggunakan layanan Virtual Office. Dari sisi biaya, harga sewa Virtual Office jauh lebih murah dibandingkan harga sewa kantor fisik. Kisaran harga sewa umumnya Rp. 300.000 – Rp. 1.000.000,- per bulan atau kurang dari 15 juta rupiah per tahun.

Keuntungan Menggunakan Virtual Office

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh para pelaku startup jika memilih layanan Virtual Office, beberapa keuntungan utamanya antara lain:
keuntungan kantor virtual

1. Meningkatkan Branding Perusahaan

Anda memerlukan sebuah kantor agar bisnis anda memiliki citra yang baik dan terpercaya di mata konsumen maupun relasi bisnis. Untuk meningkatkan branding perusahaan, kantor anda harus berada di tempat yang bergengsi.

Keuntungan menggunakan Virtual Office, tidak hanya anda dapat memiliki sebuah kantor tetapi anda juga dapat memiliki kantor di tempat yang bergengsi sesuai lokasi Virtual office  yang anda pilih. Hal ini dapat membantu bisnis startup anda berkembang lebih cepat.

2. Fleksibilitas dalam Bekerja

Menggunakan Virtual Office tidak mengharuskan anda datang ke kantor setiap waktu seperti kantor konvensional, karena dilakukan secara online. Jadi anda bisa lebih fleksibel bekerja dari mana saja dan kapan saja. Anda bebas mengatur waktu bekerja anda sehingga meluangkan waktu dengan keluarga pun bukan masalah lagi.

3. Efisiensi Modal Bisnis

Dari segala keuntungan yang diperoleh bila menggunakan Virtual Office, keuntungan efisiensi modal bisnis menjadi yang paling utama. Jika anda baru memulai bisnis startup, tentu anda harus efisien dalam menggunakan modal bisnis anda.

Modal untuk sewa kantor selalu menjadi prioritas dalam budgeting sebuah bisnis. Tak seperti memiliki kantor fisik sendiri, dimana mulai dari pembayaran sewa kantor sampai pengurusan izin serta tagihan kebutuhan kantor yang harus anda tangani sendiri, jika menggunakan teknologi ini, anda tak perlu melakukan semua hal tersebut sendiri , karena semuanya sudah termasuk layanan yang berhak anda dapatkan setelah anda membayar sewanya. Dengan begitu modal bisnis anda pun digunakan secara lebih efisien.

Kini, terbatasnya jumlah modal yang dimiliki, bukan lagi hambatan para pelaku startup untuk memiliki kantor sendiri. Karena kehadiran Virtual Office dengan harga sewa murah berikut fasilitas dan layanan yang ditawarkan dapat menjadi alternatif solusi efisiensi modal bisnis  yang sangat menguntungkan bagi para pelaku startup.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon